Beberapa Jenis Genre Thriller yang Wajib Kamu Tahu!

Pernahkah kamu novel bergenre thriller? Mungkin sebagian dari kita pernah. Beberapa buku bergenre serupa, seperti Sherlock Holmes, Gone Girl, The Shinning, The Girl On The Train, dan sederet lainnya nyatanya selalu memiliki ruang lingkup pembacanya. Bahkan sampai ada asosiasi penulis Thriller Internasional yang dikenal dengan nama International Thriller Writers (ITW)

Asosiasi yang menaungi para penulis thriller dari seluruh negara ini tercatat hingga tahun 2014, ada lebih dari 3.100 penulis yang bergabung dari 28 negara. Nah, bicara tentang genre thriller sendiri, menurut International Thriller Writers (ITW), mereka mengartikan, Oh iya, yang perlu kalian tahu, kalau genre thriller ini juga memiliki subgenre lainnya lho! Mari kita bahas satu per satu.

1. Crime Thriller

Dikutip dari menurut penulis buku Laut Bercerita, Leila S Chudori, mengungkapkan, sebuah karya dikatakan crime-thriller jika jalan ceritanya menceritakan sebuah tindak kriminal misalnya perampokan, peledakan, penculikan yang bisa saja berakhir pada pembunuhan, namun https://www.howardweaver.com/ tak harus menyertakan kasus pembunuhan.Pengertian lain adalah kehidupan seorang penjahat atau tentang misteri suatu kejahatan yang harus dibongkar.

Baca Juga : Teater Adalah Pentas Seni Dalam Bentuk Drama

Menurut Leila S.Chudori untuk berkecimpung di genre ini, seorang penulis harus memiliki beberapa kemampuan khusus, seperti tekun, alurnya cepat, strategi perencanaan yang matang sejak awal untuk menghindari munculnya berbagai kelemahan-kelemahan dalam cerita.

2. Urban Thriller

Menurut salah satu penulis buku urban thriller, Vie Asano,ini adalah genre yang ciri-ciri utamanya menegangkan dalam cerita. Namun, menegangkan (thrilling) saja tidak cukup karena yang membedakan dengan genre lainnya ada pada ticking clock atau deadline. Beberapa buku dengan genre ini, seperti Suicide Knot, Playing Victim, dan The Good Neighboor.

3. Psikologi Thriller

Psikologi thriller adalah salah satu subgenre yang banyak disukai. Kejiwaan dan ketidakstabilan mental karakter menjadi komponen utama dalam genre ini. Psikologi Thriller menuntut kemampuan untuk mengungkapkan rasa takut dan panik, memainkan emosi tokoh utama, lika-liku adalah kuncinya. Beberapa buku yang bergenre ini, seperti Silence of Lambs, Gone Girl, Black Swan dan banyak lainnya.

4. Supranatural/Paranormal Thriller

Mirip dengan genre horor, tokoh utamanya memiliki kemampuan supranatural. Ancamannya terfokus pada satu jiwa dan berkaitan dengan fantasi yang cenderung tidak masuk akal.

5. Medical Thriller

Mengangkat tema utama seputar dunia kesehatan. Konfliknya digali dari penyakit manusia, misal virus mematikan yang menyebar dan membuat kehancuran, transplantasi organ ilegal, dan banyak lainnya. Beberapa penulis,  seperti Robin Cook dengan buku berjudul Coma, Michael Palmer, Silent Treatment dan Tess Gerritsen, Playing with Fire.

6. Technological/Techno-Thrillers

Subgenre ini membutuhkan banyak penelitian dari penulis dan seringkali menuntut pengetahuan sains, politik, dan sejarah. Banyak penulis techno-thriller memiliki latar belakang dalam sains, politik, atau kecerdasan global yang menginformasikan tulisan mereka. Techno-thriller sering penuh dengan detail teknis dunia nyata dan spesifikasi teknologi yang dieksplorasi.