jackie chan

Deretan Fakta Tentang Jackie Chan, Yang Bakalan Bikin Kamu Tercengang!

Jackie Chan merupakan seorang aktor yang telah menjadi legenda, dikenal karena aksi luar biasa, komedi yang menghibur, dan dedikasinya yang tak tergoyahkan dalam dunia film.

Kalau membahas salah satu film aksi dan laga, maka nama greatamericancomputer.com Jackie Chan rasanya tidak boleh dilewatkan. Salah satu aktor laga dan komedi legendaris ini sudah memerankan berbagai macam film yang membuatnya menjadi aktor terkenal di dunia.

Apa saja fakta-fakta Jackie Chan yang mungkin belum kamu ketahui? Yuk simak berikut ini!

1. Ayah dari Jackie Chan adalah seorang intel mata-mata

Latar belakang kehidupan Jackie Chan penuh dengan aksi yang menarik. Ayahnya, Charles Chan, adalah seorang mantan intel mata-mata yang menjalin hubungan dengan ibunya, Lee-Lee Chan, ketika ia sedang terlibat dalam penyelundupan narkotika.

2. Jackie Chan pernah jadi stuntman di 2 film Bruce Lee

Perjalanan karier Jackie Chan dimulai saat ia menjadi stuntman dalam dua film Bruce Lee, yang memberinya kesempatan berharga untuk belajar langsung dari legenda aktor Kung-fu tersebut. Dalam peran sebagai stuntman, Chan tidak hanya mengasah keterampilan aktingnya, tetapi juga mempelajari teknik bela diri yang menjadi ciri khas Bruce Lee. Pengalaman ini membentuk dasar yang kuat bagi Chan dalam mengembangkan gaya aksi dan komedi unik yang kemudian menjadi tanda pengenalnya di dunia perfilman.

3. Meskipun sering beraksi langsung, tapi Jackie Chan punya stuntman!

Meskipun Jackie Chan terkenal dengan aksinya yang langsung, ternyata dia juga menggunakan stuntman untuk adegan-adegan biasa seperti menyetir atau berjalan, karena dia menganggap itu sebagai kesempatan untuk istirahat. Hal ini cukup unik, karena dia membutuhkan stuntman untuk adegan-adegan yang seharusnya tidak terlalu menantang, sementara dia sendiri yang menghadapi bahaya dan risiko dalam adegan-adegan yang penuh tantangan. Ini menunjukkan dedikasi dan keberaniannya yang luar biasa saat dia berada dalam kondisi fisik terbaiknya.

4. Jackie Chan pernah jadi karakter komik serial animasi

Kehadiran Jackie Chan tak hanya terbatas di dunia layar lebar, namun juga merambah ke dunia komik dan animasi. Dalam sebuah komik berjudul Spartan X, Jackie Chan menjadi karakter utama yang menghadirkan petualangan seru dengan aksi-aksi kung fu yang memukau.

Tak hanya itu, Jackie Chan juga menjadi inspirasi untuk serial animasi berjudul Jackie Chan Adventures, di mana ia menjadi tokoh animasi yang memperlihatkan petualangan seru bersama timnya dalam menjaga artefak-artefak berkekuatan magis. Melalui kedua medium ini, Jackie Chan terus menghibur dan menginspirasi penggemarnya di seluruh dunia.

5. Jackie Chan punya banyak luka dan beberapa kali membuatnya hampir meninggal karena sering beraksi tanpa stuntman

Dalam karirnya yang penuh aksi, Jackie Chan terkenal karena beraksi tanpa menggunakan stuntman, yang pada gilirannya membuatnya mengalami banyak luka dan bahkan beberapa kali berada dalam situasi mendekati kematian.

Salah satu contohnya adalah dalam film “Armour of God” dan “Vanguard”, di mana Jackie Chan terlibat dalam adegan-adegan berbahaya dan menegangkan tanpa pengganti stuntman, menghadapi risiko yang nyata untuk memberikan aksi yang spektakuler kepada penonton.

Keberanian dan ketahanan fisiknya dalam menghadapi situasi-situasi ekstrem ini membuktikan komitmen Jackie Chan dalam memberikan performa terbaik dalam setiap film yang ia bintangi.

6. Jackie Chan punya dua boneka panda kesayangan yaitu Chan La dan Chan Zy

Selain menjadi seorang aktor dan ahli bela diri, Jackie Chan juga memiliki dua boneka panda kesayangan yang tak pernah lepas darinya, yaitu Chan La dan Chan Zy. Boneka-boneka ini menjadi teman setia bagi Jackie Chan dalam perjalanan hidupnya,

Bahkan ia sering kali meminta aktor terkenal untuk berfoto bersama Chan La dan Chan Zy sebagai sebuah kenang-kenangan yang berharga. Hal ini menunjukkan sisi lucu dan penuh keceriaan dari Jackie Chan, yang tetap rendah hati dan senang berbagi momen kebahagiaan dengan orang-orang di sekitarnya.

7. Jackie Chan pernah meraih 2 Rekor Dunia

Jackie Chan memiliki dua Rekor Dunia yang menakjubkan. Pertama, ia memegang rekor sebagai orang dengan credit terbanyak dalam satu film, yaitu 15 credit di film “Chinese Zodiac”. Ini menunjukkan kontribusinya yang luar biasa dalam berbagai aspek produksi film tersebut. Selain itu, Jackie Chan juga memegang rekor sebagai aktor stuntman dengan adegan stunt terbanyak yang masih hidup.

Baca Juga : Daftar 10 Film Action Indonesia Terbaik, Mulai Dari The Raid

Prestasi ini mencerminkan keberaniannya yang tak terbantahkan dalam melakukan aksi-aksi berbahaya di layar lebar. Jackie Chan terus memberikan inspirasi dan mengukir sejarah dalam industri perfilman dengan bakat dan dedikasinya yang luar biasa.

8. Jackie Chan ingin bermain banyak peran, bukan hanya sekedar polisi Hong Kong saja

Jackie Chan memiliki ambisi untuk memainkan berbagai peran yang beragam, bukan hanya sebagai polisi dari Hong Kong. Karena itulah, dia sering menolak tawaran-tawaran film Hollywood yang menawarkan peran-peran yang serupa. Jackie Chan ingin mengeksplorasi keberagaman karakter dan menantang dirinya sendiri sebagai seorang aktor.

Keputusannya untuk menolak tawaran tersebut menunjukkan bahwa dia tidak puas dengan kesuksesan yang sudah diraihnya, tetapi terus berusaha untuk melampaui batasan dan memberikan karya-karya yang segar dan unik kepada penonton di seluruh dunia.

9. Jackie Chan punya lubang di tulang kepalanya karena adegan di film Armour of God

Dalam film “Armour of God”, Jackie Chan mengalami cedera serius yang menyebabkan adanya lubang permanen di tulang kepalanya. Sejak saat itu, ia sering kali meminta aktor atau pewawancara untuk menyentuh bekas lubang tersebut sebagai pengakuan akan keberanian dan pengorbanannya dalam menghadirkan aksi yang autentik di layar lebar.

Tindakan ini juga menjadi simbol kegigihan dan semangat Jackie Chan yang tak kenal takut dalam dunia perfilman, serta sebagai pengingat akan pengorbanan yang ia lakukan demi menghibur penonton dengan karya-karya uniknya.

10. Film Nosebleed tahun 2001 yang hadirkan Jackie Chan dibatalkan karena ada tragedi 9/11

Film Nosebleed yang menampilkan Jackie Chan dan dijadwalkan untuk dirilis pada tahun 2001 harus dibatalkan karena terjadi tragedi 9/11. Keputusan ini diambil sebagai respons terhadap peristiwa yang mengguncang dunia dan sebagai penghormatan kepada korban serta keluarga yang terkena dampak dari tragedi tersebut.

Pembatalan film ini menggambarkan bagaimana peristiwa sejarah dapat memiliki dampak yang mendalam pada industri perfilman, dan mengingatkan kita akan kekuatan dan pentingnya menghargai sensitivitas terhadap peristiwa dunia yang sedang terjadi.

Nah itu dia 10 fakta Jackie Chan yang sangat unik dan memang legendanya film aksi komedi ini.