Warga Diminta Waspada, Hujan Lebat dan Angin Cepat Melanda Sulut Sampai 5 Juni

Warga dipinta untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angina pesat yang bakal terjadi hingga sebagian hari ke depan di Provinsi Sulut.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Provinsi Sulut berpotensi hujan lebat yang dapat disertai angin pesat hingga 5 Juni.

“BMKG mengeluarkan peringatan dini hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin hingga 5 Juni 2024,” ungkap Koordinator Bidang Observasi dan Isu https://www.mrwrightsclass.com/ BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle pada, Minggu (2/6/2024).

Ia mengatakan hampir sebagian besar kawasan kabupaten dan kota di Provinsi Sulut mengalami cuaca ekstrem.

Ben berharap, masyarakat berhati-hati kepada potensi terjadinya musibah banjir, tanah longsor hingga pohon tumbang.

Berdasarkan data yang ada, pada 3 Juni hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin pesat diperkirakan terjadi di kawasan Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Berikutnya, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Di tanggal 4 Juni berpotensi terjadi di kawasan Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Keadaan yang sama juga terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur,” ungkap dia.

Sedangkan, pada tanggal 5 Juni diprediksi terjadi di kawasan Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.